Rabu, 20 Juni 2012

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP KOMUNIKASI


Perkembangan teknologi telah mengubah komunikasi dalam bisnis dan menghadirkan tantangan baru. Pengaruh teknologi dalam komunikasi bisnis bisa positif bisa negatif. Selanjutnya, pengaruh positif teknologi akan diuraikan sebagai manfaat dan pengaruh negatif diuraikan sebagai kelemahan
.
 1. Manfaat Teknologi Komunikasi
Menurut Boove dan Thill (2002:390), manfaat teknologi dalam komunikasi adalah :
1.      Meningkatkan aliran komunikasi
Dengan teknologi , informasi mengalir lebih cepat dari sumber yang lebih banyak.
2.      Mempermudah komunikasi
Individu dan organisasi semakin mudah melakukan komunikasi akibat adanya teknologi. Teknologi mampu mempersempit bahkan menghilangkan perbedaab jarak dan waktu.
3.      Mengubah struktur organisasi
Mengubah struktur organisasi banyak mengalami perubahan akibat teknologi komunikasi. Berkomunikasi dengan atasan dan rekan sekerja tidak perlu dilakukan di satu lokasi dalam suatu pertemuan formal. Komunikasi bisa terjadi antara orang yang sedang berada di kantor dengan orang lain yang sedang berada di lapangan, di perjalanan atau di rumah.
4.      Menurunkan biaya komunikasi
Teknologi mempermudah pembuatan dan pendistribusian informasi. Mudahnya pembuatan dan pendistribusian informasi akan mengakibatkan menurunnya biaya komunikasi.
2.  Kelemahan Teknologi komunikasi
1.      Kelebihan Informasi
Kemajuan teknologi telah memampukan pekerja untuk mengakses semua informasi yang diinginkan. Informasi mengalir dengan cepat melalui faks, telepon, voice-mail, radio, televisi, koran, dan internet. Sementara itu, manusia memiliki kapasitas yang terbatas untuk menerima informasi. Akibatnya, terjadi kesulitan dalam meredakan antara informasi yang berguna dengan yang tidak berguna dan semakin banyak waktu dihabiskan untuk menangani informasi yang diterma. Ketidakmampuan dalam menangani kelebihan informasi justru dapat mengakibatkan turunnnya produktivitas.
2.      Keamanan Data
Sebelum menggunakan komputer ,  file dokumen perusahaan biasanya dibuat dalam bentuk kertas dan disimpan di suatu ruangan yang terkunci. Tidak sembarangan orang dapat mengakses data perusahaan. Pengambilan dan penyimpanan file dilakukan dengan suatu sistem pengamanan yang sangat ketat. Kini, data perusahaan mulai beralih dari kertas-kertas ke bentuk data elektronik. Jaringan global memperbesar kemungkinan jatuhnya data rahasia perusahaan ke tangan orang yang keliru. Cyberterrorismeyang dilakukan dengan cara merusak atau mencuri data untuk tujuan politik atau ekonomi, bisa menjadi ancaman serius bagi keamanan data perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan terus meningkatkan sistem keamanan data elektronik. Misalnya, dengan kata kunci (Password), mematikan komputer bila tidak digunakan , atau menggunakan sandi untuk alamat e-mail rahasia.
3.      Privasi Informasi dan Produktivitas Karyawan
Menganggap bahwa e-mail bersifat amat pribadi merupakan hal yang keliru. Teknologi telah memungkinkan berpindahnya e-mail secara cepat. E-mail yang dikirim kepada orang lain. Bahkan, e-mail seringkali terkirim kepada orang yang tidak tepat.
Internet dapat dipergunakan untuk mengakses berbagai informasi dengan sangat mudah . Internet menyediakan banyak situs yang menarik untuk dijelajah, baik yang berhubungan  dengan kegiatan perusahaan maupun yang tidak berhubungan sama sekali . Kesempatan itu seringkali dipergunakan oleh karyawan untuk melakukan penjelajahan demi kesenangan pribadi.
Sebuah survei yang dilakukan oleh American Management Associationmenunjukkan bahwa 35% perusahaan di Amerika Serikat mengawasi para pekerja dengan merekam telepon atau voice mail dan memeriksa file dan e-mail karyawan (Boove dan Thill, 2002:390) .
Perusahaan memiliki hak legal untuk memonitor web, e-mail, dan file di dalam komputer yang dipergunakan karyawan untuk bekerja. E-mail bisa dipergunakan sebagai barang bukti di pengadilan.
4.      Kurangnya Hubungan Antar Individu
Alat bantu memberikan banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Frekuensi berkomunikasi secara langsung atau tatap muka menjadi semakin berkurang . Hal itu mengakibatkan berkurangnya kepuasan hubungan sosial antar individu.

0 komentar:

Posting Komentar

Oleh:

Nanik Setiyaningsih 10.10.20.4730
Aprilya Fitri Latifah 10.10.20.4738